Bibliography Detail

Human Islamic spiritual intelligence strategi dalam peningkatan kinerja sumber daya manusia | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Human Islamic spiritual intelligence strategi dalam peningkatan kinerja sumber daya manusia

Text

Human Islamic spiritual intelligence strategi dalam peningkatan kinerja sumber daya manusia


Buku ini hadir atas pemikiran penulis dan kolega mengenai sejumlah isu dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) khususnya topik spiritual intelligence. Isu pertama yaitu mayoritas studi kontemporer tidak banyak melibatkan aspek agama dalam menjelaskan konsep spiritual intelligence. Isu kedua yaitu mayoritas studi kontemporer tidak banyak mengkaji keterlibatan konsep spiritual intelligence dalam sebuah teori dasar (grand theory) yang mapan, terlebih mengenai spiritual intelligence dalam perspektif Islam. Isu ketiga yaitu mayoritas studi kontemporer hanya fokus pada kajian spiritual intelligence konvensional, namun kajian spiritual intelligence yang spesifik pada perspektif Islam masih sangat jarang dilakukan, terlebih mengenai konsekuensinya terhadap berbagai fenomena bisnis pada bidang Manajemen Sumber Daya Manusia.
Buku ini menemukan bahwa konsep Islamic spiritual intelligence terkait erat dengan nilai-nilai agama, khususnya pada perspektif Islam. Hal ini dibuktikan dengan keterlibatan dimensi al-qalb, al-ruh, al-nafs, dan al-aql sebagai pembentuk spiritual intelligence. Selain itu, Islamic spiritual intelligence ditemukan berperan sebagai aspek penguat aturan timbal balik dalam kerangka social exchange theory. Temuan ini mengacu pada esensi Islamic spiritual intelligence yang mencerminkan kepribadian individu yang selalu menjaga hubungan baik kepada Allah dan sesama manusia serta alam sekitar. Terakhir, konsep Islamic spiritual intelligence ditemukan berperan sebagai moderasi pada pengaruh keadilan organisasi dan tekanan psikologis terhadap kinerja sumber daya manusia.
Adapun buku ini menyajikan sejumlah kebaruan dalam bidang ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pertama, buku ini melakukan kajian tentang konsep spiritual intelligence dalam perspektif Islam. Kedua, buku ini melakukan kajian tentang peran Islamic spiritual intelligence dalam kerangka social exchange theory untuk menjelaskan fenomena bisnis yang relevan pada bidang ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Ketiga, buku ini juga membahas kajian terkait konsekuensi Islamic spiritual intelligence pada aspek keadilan organisasi, tekanan psikologis, dan sumber daya manusia dalam konteks lembaga keuangan mikro syariah.

Bibliografi halaman 153-209.


Ketersediaan
BLU231817333.11072 MOH h C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
BLU231818333.11072 MOH h C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
333.11072 MOH h
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish.,
Deskripsi Fisik
x, 209 halaman ; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230242014
Klasifikasi
333.11072
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Cetakan pertama : Februari 2022
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar