Bibliography Detail

Aspek hukum perlindungan anak : perkembangan produk hukum dan implementasinya di pengadilan | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Aspek hukum perlindungan anak : perkembangan produk hukum dan implementasinya di pengadilan

Text

Aspek hukum perlindungan anak : perkembangan produk hukum dan implementasinya di pengadilan


Kondisi anak saat ini yang jauh dari kata sejahtera sungguh menimbulkan kerisauan. Anak yang seyogianya duduk di bangku sekolah untuk belajar, bermain, dan bergaul dengan teman sebaya, sebagian di antaranya justru ditelantarkan dan dieksploitasi oleh oknum tertentu untuk tujuan ekonomi. Mereka kerap dijadikan sebagai pengemis, pekerja ilegal, pekerja seks komersial, aktor pornografi, hingga transplantasi organ. Situasi dan kondisi tersebut tentu ironi, tidak sebanding dengan ekspektasi terhadap anak sebagai harapan terbaik bangsa di masa yang akan datang.
Buku ini menghadirkan sekaligus menawarkan konsep perlindungan anak dalam beberapa kasus, di antaranya dispensasi kawin, hak asuh anak, perwalian, pengangkatan anak, dan hak keperdataan anak luar kawin. Perlindungan anak bermakna perlindungan akan harkat dan martabat, serta pengakuan terhadap hak asasi anak, di antaranya hak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, perlindungan, dan partisipasi. Perlindungan tersebut dilakukan berdasarkan ketentuan hukum. Karena itu, buku ini mengupas secara komprehensif perihal perkembangan produk hukum dari tema-tema tersebut dan mengkaji implementasinya di dalam putusan pengadilan.
Pengalaman penulis sebagai praktisi hukum sangat membantu dalam penyusunan buku ini. Pengalaman dinilai sebagai guru terbaik dalam mentransformasi pengetahuan empirik menjadi pengetahuan ilmiah yang dapat ditelaah secara akademik. Hadirnya buku ini diharapkan dapat membuka mata dan membantu edukasi kepada masyarakat betapa krusialnya isu perlindungan anak saat ini di Indonesia.


Ketersediaan
blu210610342.08772 RAM a C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
blu210611342.08772 RAM a C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
342.08772 RAM a
Penerbit
Jakarta : Prenadamedia Group.,
Deskripsi Fisik
x, 208 p. ; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232185593
Klasifikasi
342.08772
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Ed. 1, cet. ke-1
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar