Bibliography Detail

Manajemen laboratorium untuk mahasiswa dan umum | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Manajemen laboratorium untuk mahasiswa dan umum

Text

Manajemen laboratorium untuk mahasiswa dan umum


Buku ini berjudul, “Manajemen Laboratorium untuk Mahasiswa dan Umum.” Latar belakang penulisan judul itu diambil dengan tujuan karya ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Laboratorium khususnya pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Kesehatan, dan program studi lain yang berkaitan dengan mata kuliah manajemen laboratorium. Buku ini juga hadir untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang akan melakukan penelitian dan masyarakat (umum) seperti guru atau laboran sebagai bahan referensi untuk menambah wawasan.
Motivasi dalam penulisan buku ini adalah untuk memenuhi kelangkaan buku referensi bagi mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Laboratorium, yang dinilai masih sedikit sekali tersedia di toko-toko buku, terutama dari pengalaman penulis sendiri yang mengampu mata kuliah tersebut masih kesulitan menemukan referensi buku manajemen laboratorium. Begitu pula atas informasi dari mahasiswa yang mengalami hal yang sama.
Buku ini terdiri atas sembilan (9) bab. Disusun dengan berpedoman pada silabus berbasis KKNI pada mata kuliah Manajemen Laboratorium Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Bab 1 Pengantar Manajemen Laboratorium terdiri atas: Pengertian laboratorium, tujuan manajemen laboratorium, fungsi dan peranan laboratorium. Bab 2 Jenis-Jenis Laboratorium terdiri atas: Laboratorium berdasarkan fungsi dan tujuan, jenis-jenis laboratorium berdasarkan pendekatan yang digunakan di masyarakat, laboratorium sekolah dan laboratorium kesehatan/ rumah sakit. Bab 3 Pengelolaan Laboratorium, terdiri atas: Pengertian pengelolaan laboratorium dan ruang lingkup pengelolaan laboratorium. Bab 4 Desain dan Fasilitas Laboratorium, terdiri atas: Laboratorium dasar, laboratorium IPA, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa. Bab 5 Menganggarkan dan Menginventaris Alat dan Bahan Laboratorium, terdiri atas: Mengelola keuangan laboratorium, menganggarkan biaya peralatan dan bahan laboratorium, dan menginventaris peralatan dan bahan laboratorium. Bab 6 Pengenalan dan Fungsi Alat-alat Laboratorium, terdiri atas: Alat-alat laboratorium biologi, fisika, dan alat-alat laboratorium kimia. Bab 7 Cara Kerja di Laboratorium, terdiri atas: Aktivitas di laboratorium, standar kerja di laboratorium, tata tertib penataan alat dan bahan laboratorium, dan standar operasional prosedur. Bab 8 Pengenalan Bahan-Bahan Laboratorium MIPA, terdiri atas: Pengenalan bahan-bahan laboratorium MIPA dan penanggulangan pengaruh bahan-bahan kimia. Bab 9 membahas Keselamatan dan Keamanan Laboratorium, terdiri atas: Keselamatan laboran, keamanan laboratorium, dan respon darurat bila ada kecelakaan atau bahaya.


Ketersediaan
blu211069371.623 PUS m C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
blu211070371.623 PUS m C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.623 PUS m
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish.,
Deskripsi Fisik
xii, 129 p. ; 25 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230207549
Klasifikasi
371.623
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Cetakan pertama
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar