Bibliography Detail

Pilpres & jurnalistik hitam putih | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Pilpres & jurnalistik hitam putih

Text

Pilpres & jurnalistik hitam putih


"Buku ini tidak biasa karena menerapkan perspektif performance studies untuk membaca foto kampanye; sebuah tawaran yang menarik bagi kajian fotografi."

Dr. Lono Lastoro Simatupang, M.A.

Antropolog & Kaprodi PSPR Sekolah Pascasarjana UGM



Basic Fotografi yang imajinya telanjur dianggap mewakili kebenaran peristiwa diaduk-aduk menjadi kabar dan warta visual yang menjerumuskan masyarakat luas.

Oscar Motuloh

Pewarta foto Antara



Bahasa visual menjadi bahasa yang paling kontekstual pada masa kini. Gambar, foto, dan produk­produk visual lain dipakai sebagai alat untuk justifikasi dan argumentasi yang dianggap paling ideal terutama dalam politik. Buku ini menjelaskan dengan sangat komprehensif peran bahasa visual tersebut dalam arena kontestasi politik Indonesia masa kini.

Dr. Wening Udasmoro, M.Hum., D.E.A

Dekan Fakultas llmu Budaya UGM



Sang penulis mencoba merefleksikan perspektifnya tentang situasi karut marut Pilpres & kompleksitas narasi politiknya via beragam media sosial yang ada. Khususnya yg tertampilkan dalam ranah tekstual & visual jurnalistik - (yg satu ini merupakan obsesi minat kepakaran akademisnya sejak 81 sampai dengan S-3nya). Tinjauan analisis Ririt meskipun dinyatakan “hitam-putih” -BW-monochromatic, tetapi saya yakin pasti terselip nilai-nilai “grey'-abu-abu” dan warna-warni polychromatic sebagaimana entitas fotografi. Layak disimak tiga entitas yg saling berkelindan dalam buku ini, antara Pilpres- Jurnalistik- media fotografi beserta implikasi logis dan simbol-simbolnya.

Prof. Soeprapto Soedjono, M.F.A., Ph.D

Fotografer, Guru Besar lSI Yogyakarta, dan Rektor lSI 2006-2010



Fotografi, khususnya fotografi jurnalistik tetap menjadi media penyampai pesan universal yang menjadi tugas bagi seorang fotografer. Aktivitas mengabadikan suatu peristiwa ke dalam satu bingkai foto untuk disampaikan/diberitakan kepada masyarakat luas, menjadi sangat penting dewasa ini. Kemajuan teknologi digital saat ini tidak otomatis menghilangkan peran fotografi sebagai sebuah media komunikasi yang mampu menciptakan citra positif maupun negatif menarik diulas dalam buku ini. Semoga karya tulis Ririt Yuniar yang kesekian ini memberikan kontribusi dan menambah wacana untuk literature dunia jurnalistik tanah air.

Astra Bonardo, S.Kom.


Ketersediaan
blu210072070.4 YUN p C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
blu210073070.4 YUN p C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
070.4 YUN p
Penerbit
Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.,
Deskripsi Fisik
xxvi, 264 p. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024337612
Klasifikasi
070.4
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Ed. 1, cet. ke-1
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar