Bibliography Detail

Geliat kritis dalam penelitian sosial : catatan para peneliti | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Geliat kritis dalam penelitian sosial : catatan para peneliti

Text

Geliat kritis dalam penelitian sosial : catatan para peneliti


Buku ini membangkitkan harapan yang besar bahwa akan lahir dan menguatnya pengetahuan yang berakar pada pengalaman Indonesia untuk dunia. Para penulisnya datang dari latar keilmuan yang berbeda-beda, dari manajemen, sains-teknologi, sampai psikologi dan sastra. Mereka menggeluti persoalan lapangan yang beraneka, dari korupsi sampai autisme, dengan satu pijakan yang sama: perspektif kritis. Pengetahuan yang terbangun lahir dari empati, pergulatan diri, refleksi atas kesulitan dan kesalahan. Inilah akar pengetahuan sejati.

(Melani Budianta, Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia)

Buku ini membawa semangat baru dari para ilmuwan muda dengan pemikiran kekinian tentang pentingnya data berbasis local-specific, membumi dan bersifat naturalis-humanis. Buku ini wajib menjadi referensi bagi para mahasiswa, akademisi, pelaku pembangunan, dan para pembuat kebijakan dari berbagai disiplin ilmu.

(Emy Susanti, Guru Besar Sosiologi Gender, Universitas Airlangga)

Buku ini berupaya menghadirkan hasil-hasil penelitian yang bukan saja anti-mainstream, tetapi bernuansa kritis. Hasil kerja keras para peneliti yang harus dihargai adalah upayanya untuk menemukan pengertian “kritis” dari berbagai hasil penelitian tersebut.

(Heru Nugroho, Guru Besar Sosiologi UGM)

Ditulis oleh peneliti dari generasi muda, buku ini mencerminkan pendekatan penelitian terbaru dari berberapa disiplin. Buku ini akan sangat berguna sebagai pedoman untuk penelitian non-positivist di bidang seperti psikologi, manajemen, pendidikan, perencanaan dan kebijakan publik. Buku ini bisa membantu mahasiswa yang ingin menggunakan pendekataan yang menyegarkan yang akan semakin memajukan dunia penelitian di Indonesia.

(Kate McGregor, Associate Professor of Southeast Asian History, The University of Melbourne)

This book provides a fine introduction to critical studies in social research. It will be particularly useful for those in disciplines such as education, management and psychology, where quantitative and positivist approaches still dominate. It explains concepts such as critical thinking, reflexivity, discursive analysis and positionality in an engaging, persuasive and sometimes quite personal way.

(Lyn Parker, Professor of Asian Studies, The University of Western Australia)

This collection of essays represents the intellectual journeys of a new generation of Indonesian academics. In a refreshingly personal, open and honest manner, the authors reflect on the multiple practical and scholarly challenges involved in conducting qualitative research. They not only identify a broad range of urgent research topics and interdisciplinary approaches, but also try the bridge the gaps between academia, bureaucracy and everyday life.

(Edwin Jurriens, Senior Lecturer in Indonesian Studies, The University of Melbourne)


Ketersediaan
blu210076001.42 GEL - C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
blu210077001.42 GEL - C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.42 GEL -
Penerbit
Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.,
Deskripsi Fisik
xvi, 208 p. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024337759
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Ed. 1, cetakan pertama
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar