Bibliography Detail

Kiai menggugat Gus Dur menjawab | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Kiai menggugat Gus Dur menjawab

Text

Kiai menggugat Gus Dur menjawab


“Wawasan Gus Dur sangat luar biasa. Mengagumkan. Pikiran-pikirannya melampaui zamannya. Gus Dur telah membaca banyak sekali ilmu pengetahuan, bukan hanya yang terdapat dalam “kitab-kitab kuning”, tetapi juga karya-karya intelektual dunia.” —KH. Husein Muhammad “Gus Dur sangat simpatik dan apresiatif kepada khazanah kebudayaan lokal. Gus Dur memasuki akar-akar kebudayaan yang ada, tetap merawat karakternya, sembari mencarikan titik-temunya dengan weltanschauung Islam.” —Edi AH Iyubenu Ini mungkin pertama kalinya Gus Dur diadili di luar “pengadilan” organisatoris. Pasalnya, beliau dianggap oleh publik sebagai sangat “berbahaya”, serta menjadi bahan stigmatisasi, cemooh, dan kecaman bahkan pemurtadan terhadapnya. Maka dalam perbincangan sejumlah kiai sepuh—antara lain, KH. Fuad Hasyim (Buntet Pesantren), KH. Ayip Usman (Kempek), Kiai Ibnu Ubaidillah, dan Kiai Chozin Nasuha, akhirnya muncul gagasan untuk mengundang Gus Dur pada pertemuan RMI Jawa Barat.

Para ulama itu sepakat meminta Gus Dur untuk memberikan pengarahan dan pertanggungjawaban beliau atas pernyataan-pernyataan, pandangan-pandangan, dan langkah-langkahnya selama ini yang sangat menggelisahkan dan menggeramkan publik, termasuk para kiai, terutama dalam isu-isu keagamaan.

Maret 1989, sidang “gugatan” itu berlangsung di Pondok Dar al-Tauhid, Arjawinangun, Cirebon, Jawa Barat. Dihadiri oleh sekitar 200 kiai “penggugat”. Simaklah keseruan dialognya, aroma intelektualitasnya, di dalam buku bersejarah yang sangat fenomenal ini.


Ketersediaan
blu2101502X6.2 RMI kPerpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
blu2101492X6.2 RMI k C1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X6.2 RMI k
Penerbit
Yogyakarta : IRCiSoD.,
Deskripsi Fisik
246 p. ; 20 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786236699041
Klasifikasi
2X6.2
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. Ke-1
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar