Bibliography Detail

Teori-teori mutakhir partai politik | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Teori-teori mutakhir partai politik

Text

Teori-teori mutakhir partai politik


Ada kalanya di suatu negara, peranan partai politik begitu sentralnya sehingga pembicaraan mengenai partai politik menjadi terasa penting, melebihi diskusi tentang negara. Di negara lain, partai politik barangkali mendekati tipe ideal, yakni sebagai alternatif terbaik untuk menentukan figur pemimpin politik yang bertanggung-jawab terhadap pemilihnya. Dengan demikian, partai politik menjadi instrumen perwakilan dan sarana untuk menjamin sirkulasi elit secara teratur dan tanpa pergolakan. Kondisi kepartaian yang demikian itu banyak didiskusikan oleh para ahli politik.
Namun adakalanya pula kebangkitan dan aktivitas partai politik seringkali berkaitan dengan proses pembentukan identitas nasional, pembentukan kerangka sistem politik, pengabsahan lembaga politik, serta usaha-usaha untuk memperkuat persatuan nasional. Dalam kaitan ini, seringkali partai politik tidak berfungsi sebagai penyedia akses bagi penyaluran tuntutan yang sah kepada penguasa, melainkan semata-mata sebagai elemen dalam strategi persatuan nasional dan sebagai pengontrolan terhadap perbedaan pendapat.
Buku ini menyajikan seluk-beluk teori-teori mutakhir tentang partai politik, sistem kepartaian dan sistem pemilihan dengan mengetengahkan pemikiran beberapa ahli terkemuka dalam menganalisis kasus-kasus yang beragam dengan corak ideologi dan sistem sosial yang berbeda-beda. Para peminat ilmu politik, para politisi dan birokrat, serta para praktisi politik lainnya amat perlu membaca buku ini.


Ketersediaan
PR160421324.201 TEO - C. 1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
PR160422324.201 TEO -Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
PR160423324.201 TEO -Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
PR160424324.201 TEO -Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
324.201 TEO -
Penerbit
Yogyakarta : Tiara Wacana.,
Deskripsi Fisik
xxviii, 222 halaman : ilustrasi ; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789791262545
Klasifikasi
324.201
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Edisi ke-2, cetakan ke-2, 2012
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar