Bibliography Detail

Kamus pemilu populer : kosa kata umum, pengalaman Indonesia, dan negara lain | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Kamus pemilu populer : kosa kata umum, pengalaman Indonesia, dan negara lain

Text

Kamus pemilu populer : kosa kata umum, pengalaman Indonesia, dan negara lain


Kamus pemilu ini berusaha memaparkan kosa kata, baik umum dalam ilmu pengetahuandan pengalaman pemilu di negara-negara lain, maupun yang bersumber dari pengalaman pemilu di Indonesia dalam menyelenggarakan pemilu legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden, serta pemilu kepala daerah. Kosa kata-kosa kata pemilu yang diangkat lazim menjadi wacana dan perbincangan kalangan luas.
Alur pemikiran yang digunakan di dalam menyusun kamus tentang pemilu ini bermula dari pemahaman tentang: demokrasi, pemilu sebagai sarana demokrasi, definisi dan unsur-unsur pemilu, indikator pemilu, sistem dan mekanisme pemilu, peserta pemilu, dan lain-lain, disertai contoh untuk membantu pendalaman pemahaman dan penerapan di lapangan. Secara teknis, kosa kata-kosa kata pemilu, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa asing, disusun secara alfabetis untuk memudahkan dan mempercepat pembaca di dalam pencariannya.
Kehadiran kamus pemilu ini menjadi lebih bermakna dan bermanfaat seiring dengan dinamika dan perkembangan perhelatan pesta demokrasi bernama pemilu yang boleh dikata digelar terus-menerus setiap tahun. Bukan hanya Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang menjadi hajatan nasional yang digelar setiap lima tahun sekali, melainkan Pemilu Kepala Daerah (provinsi dan kabupaten/kota) yang juga digelar tak kunjung henti. Data Kementerian Dalam Negeri (Januari 2010) menunjukkan 33 provinsi dan 497 kabupaten/kota. Dalam rentang waktu sirkulasi kepemimpinan tingkat daerah digelar Pemilukada minimal 33 kali untuk provinsi (diasumsikan: pemilukada provinsi tetap langsung dan tidak kembali pada pola lama melalui pemilihan DPRD atau penunjukan olen presiden) dan 497 kali untuk kabupaten/kota, belum terhitung pemilukada ulang atau susulan.

Bibliografi halaman 761-767.


Ketersediaan
PR141686324.603 SER kPerpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
PR141687324.603 SER kPerpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
324.603 SER k
Penerbit
Yogyakarta : Graha Ilmu.,
Deskripsi Fisik
xxvi, 770 halaman : ilustrasi ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786022620846
Klasifikasi
324.603
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Edisi pertama, cetakan pertama, 2013.
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar