Bibliography Detail

Mengukur demokrasi ekonomi Indonesia : serial kasus 2 kabupaten, Penajam Paser Utara (Kalimantan Timur) dan Bantul (Yogyakarta) | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Mengukur demokrasi ekonomi Indonesia : serial kasus 2 kabupaten, Penajam Paser Utara (Kalimantan Timur) dan Bantul (Yogyakarta)

Text

Mengukur demokrasi ekonomi Indonesia : serial kasus 2 kabupaten, Penajam Paser Utara (Kalimantan Timur) dan Bantul (Yogyakarta)


Buku ini merupakan terbitan dari dua hasil penelitian yang pernah dilaksanakan oleh Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada. Penelitian pertama dilaksanakan pada tahun 2010, mengambil lokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan utama penelitian ialah memberi rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten mengenai arah “Kebijakan Ekonomi Daerah”. Salah satu instrumen dan alat analisis yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah Indeks Demokrasi Ekonomi, yang telah disusun sebelumnya, untuk dipergunakan dalam memotret permasalahan ekonomi PPU secara komprehensif. Demikian pula penelitian kedua di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dilaksanakan pada tahun 2013, juga menggunakan Indeks Demokrasi Ekonomi, dengan tujuan yang kurang lebih sama.
Indeks Demokrasi Ekonomi Indonesia (IDEI) sebagai instrumen penelitian telah disusun sebelumnya dengan melibatkan 10 pakar ekonomi kerakyatan Indonesia yang berasal dari kalangan akademisi UGM, IPB, Unibraw, UII, dan UMY, peneliti serta aktivis gerakan sosial. IDEI disusun menggunakan metode Delphi yang menekankan pada penilaian ahli (expert judgement) pada dimensi dan variabel yang dijabarkan dari pasal-pasal ekonomi dalam konstitusi.

Bibliografi halaman 181-185.


Ketersediaan
BLU231074338.9598 PUT m C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
BLU231075338.9598 PUT m C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
338.9598 PUT m
Penerbit
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.,
Deskripsi Fisik
xiii, 188 halaman : ilustrasi ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786023863372
Klasifikasi
338.9598
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Cetakan pertama: Oktober 2019
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar